Saturday, May 20, 2006

IMPIAN-IMPIAN…


“Ketiban sampur” nulis impian dari Ida, jadi ingat-ingat lagi nih…

Sebenarnya saya punya “Buku Impian”, tapi kalo saya pindahkan isi buku itu, bisa puanjaang banget... :))

Seperti kebanyakan orang, impian saya buuuaannyyaaakkk banget. Bahkan kalo dipikir-pikir, setiap jam saya bisa punya impian baru!! He..he…tukang mimpi ya.. Tapi orang bilang, apa yang ada sekarang ini adalah mimpi-mimpi generasi masa lalu. Berarti apa yang ada di masa depan adalah mimpi-mimpi generasi sekarang dong, makanya mimpi aja yang banyak, siapa tau mimpi yang terwujud bisa masuk buku sejarah cucu-cicit kita…

Impian saya yang pertama adalah naek haji n mengajak banyak orang untuk naek haji juga, termasuk orang tua, anak-anak, saudara-saudara, om tante, tetangga-tetangga, temennya tetangga, kakaknya temennya tetangga, saudaranya tantenya adiknya sepupunya eyang putrinya tetangga, de el el, de es be, de es te…. :))

Impian yang kedua adalah berkurban tiap taon. Ini nih yang butuh pengorbanan tiap bulan, soalnya harus bela-belain nyisihkan uang belanja. Yang sering kejadian sih tabungan bulan kemaren kepake buat beli susu…. 

Trus impian yang ketiga adalah nyarikan pendidikan terbaik buat anak-anak saya. Masih masuk daftar impian sih, soalnya sampe sekarang masih sulit nyari sekolah yang bisa mendidik anak-anak supaya bener-bener menjadi diri mereka sendiri, yang berkarakter n berakhlakul karimah (he..he..idealis banget yah..). Tapi emang bener loh, sampe sekarang kayaknya jenjang sekolah yang menghargai anak sebagai seorang pribadi baru sebatas Playgroup dan TK, itupun tidak semua. Begitu sudah di SD bebannya jadi seabreg, Sayangnya cuman dijejalkan aja materi-materi tersebut, bukannya dipahamkan untuk diamalkan. Makanya begitu pulang ke rumah seakan-akan pendidikan di sekolah gak ada bekasnya. Yang dikuatirkan dari metode pendidikan seperti itu adalah generasi yang berpikiran sempit dan pendek. Bukannya belajar untuk hidup melainkan hanya sekedar mencari nilai. Padahal kita sebagai orangtua punya tanggungjawab besar untuk menjadikan anak-anak kita sebagai long life learners.

Ada satu buku yang membuat saya merasa pendidikan seperti itu sudah terwujud. Buku itu – Menemukan Sekolah yang Membebaskan- benar-benar secercah harapan untuk kehidupan pembelajaran anak-anak kita yang lebih baik. Buku yang ditulis Komunitas Sekolah Alam itu menggambarkan betapa belajar ternyata bisa sangat menyenangkan bagi siapa saja. Blognya bisa dilihat disini dan disini. Masalahnya di Malang belum ada sekolah seperti itu. Makanya masih masuk daftar impian. Ada sih sekolah “alam”, tapi setelah ditelusuri ternyata “alam”nya hanya sekedar sebagai tempat untuk belajar. Kurikulum dan metode pembelajarannya? Sama aja dengan sekolah pada umumnya… dan

Yang keempat, saya berharap suatu saat bisa ada sport centre yang lengkap, dimana jam penggunaan pria dan wanita dipisah. Ada kolam renang, lapangan tennis, badminton, basket dan volley. Trus ada juga gymnasium, biar para muslimah juga punya kesempatan untuk berolahraga dan menjaga kesehatan sesuai dengan kemampuan mereka. Sekarang sih paling-paling olahraganya senam-senam kecil di rumah ato jalan kaki. Soalnya mo basket, berenang, tennis, dll, tapi tempatnya masih juga campur-campur begitu.

Saya pribadi sebenarnya sejak kecil suka sekali dengan olahraga. Bahkan waktu kecil, acara yang paling saya tunggu-tunggu setiap tahun adalah even-even olahraga mulai PON, Sea Games, Asian Games, Olimpiade, F1 sampe Piala Dunia (tapi yang satu ini gak pernah nonton siaran langsung, soalnya malem, mata kecil saya nggak kuat disuruh begadang – paling nonton jurnalnya aja).

Di sekolah juga Olahraga adalah pelajaran favorit saya sejak SD sampe SMA. Menurut saya ini satu-satunya pelajaran yang nggak pernah bikin desperate. Sebabnya sih karena untuk yang satu ini dikasih nilai berapapun saya tetap cinta! Walopun gitu sering banget kecewa sama guru yang pelit banget ngasih nilai atau nggak menghargai usaha kita.

Balik lagi ke impian, sebenarnya sih nggak perlu bangun sendiri sport centre-nya, bisa kerjasama dengan yang sudah ada, tapi kayaknya butuh perhatian yang serius nih (ini yang susah buat saya, he..he..). Barangkali ada yang tertarik mo handle dengan serius? Saya dukung deh….

Terakhir…saya pengen punya passive income yang cukup buat menghidupi banyak orang. Rasulullah bilang kan harta yang baik itu ada di tangan orang baik, makanya harus berusaha untuk jadi orang baik dulu baru deh semoga apapun yang dititipin ke jadi semoga barokah dan membawa manfaat buat siapa aja…

Btw, makasih ya udah mau saya ajak bermimpi….:D n doain terwujud ya….

Selanjutnya, buat Abu Rayhan, pengen tau nih apa aja mimpi-mimpinya. Kalo lagi gak repot (n gak deadline) tulis dong (n lagi gak dipelototin boss, he…he..)… juga buat Amee ya...

6 comments:

Anonymous said...

ok bos, abis ini aku tuangkan mimpi2x ku :) sore aja menjelang pulang kerja :)

Tika said...

sipp...

Anonymous said...

Lapor boss sudah aku tulis sesuai dengan permintaanya :)

Tika said...

Laporan diterima!!!

Anonymous said...

Hi all!
Find friends in your area live chat & Hot Pics
Enjoy

Anonymous said...

Wonderful and informative web site. I used information from that site its great. »